TRADISI PAER LENEK; FESTIVAL NGEJOT KEMBALI DIGELAR

Lenek Pesiraman – Festival Ngejot yang ketiga kembali digelar pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Perayaan telah dijadwalkan akan diselenggarakan pada Hari Kamis, tanggal 14 Juni 2018 di Lapangan Wirangbaya Paer Lenek, Kecamatan Lenek. Seperti penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya,Festival Ngejot akan diselenggarakan sore hari, ba’da shalat Ashar, atau pada pukul 16.00 WITA.

Acara ini diselenggarakan oleh Panitia Peringatan Hari Besar Islam Paer Lenek, dan didukung oleh Pemerintah Desa Lenek, Desa Lenek Pesiraman, Desa Lenek Daya, dan Sanggar Seni Nata Pendita, serta Kedai Coffe Juice dan Coffe Shop Bambo.

Ngejot merupakan tradisi turun-temurun masyarakat Lenek. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi yang biasanya hanya dilakukan masyarakat pada Hari Raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Tradisi ini biasanya diartikan sebagai kegiatan bejango (membesuk/berziarah) kepada keluarga. Uniknya, kegiatan ini ditandai dengan membawa dulang saji atau yang dalam istilah Lenek disebut sampak yang berisi periapan Lebaran (aneka masakan dan makanan khas lebaran).

Umumnya, Ngejot dilakukan oleh perempuan-perempuan yang sudah bersuami (menikah) kepada para tetua atau pihak keluarga yang dituakan, baik itu orang tua, mertua ataupun saudara-saudara yang dituakan. Tradisi ini merupakan simbol penghormatan seorang anak/menantu atau seorang adik kepada keluarganya, juga merupakan simbol silaturrahmi dan bermaa-maafan di hari istimewa seperti Hari Raya ini.

Untuk menjaga kelestarian tradisi luhur tang telah turun-temurun dilakukan ini, maka PHBI Paer Lenek tetap menyelengarakan Festival Ngejot setiap tahunnya, dan biasanya diselenggarakan sehari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri, sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Raya.

Pada perayaan Festival Ngejot yang ketiga tahun 2018 ini, PHBI dan kelompok-kelompok pemuda Paer Lenek tetap antusias menyelengarakan Festival sebagai salah satu tradisi yang patut dibanggakan dan dilestarikan di tengah-tengah masyarakat. Serta gencar mengajak masayarakat luas untuk meramaikan acara ini yang akan dilaksanakan tiga hari lagi, yaitu pada Kamis, 14 Juni 2018.

lenekpesiraman.com/*