COKLIT SERENTAK, PPS BERKOORDINASI DENGAN KADER

Gambar: Rapat koordinasi coklit serentak PPS bersama Kader Desa Lenek Pesiraman

Lenek Pesiraman – Kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak data pemilih mulai diselenggarakan di Desa Lenek Pesiraman. Kegiatan ini diselenggarakan sesuai instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan Coklit Serentak selama satu bulan, mulai dari tanggal 20 Januari 2018 dan direncanakan berakhir pada pertengahan Februari mendatang.

Untuk itu, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Lenek Pesiraman berkoordinasi dengan kader-kader di masing-masing dusun untuk melakukan Coklit door to door di wilayah kerjanya masing-masing. Kader akan melakukan pencocokan dan penelitian data pada tiap-tiap rumah dan kepala keluarga untuk melakukan pemutakhiran data pemilih tetap (DPT) di tingkat dusun.

Gambar: Kader masing-masing dusun akan melakukan coklit ke masing-masing kepala keluarga

Masing-masing anggota keluarga diminta untuk menyiapkan E-KTP atau surat keterangan dari Dukcapil (Bagi anggota masyarakat yang belum memperoleh E-KTP), serta kartu keluarga. Data ini ditujukan menghindari kesimpangsiuran data pemilih, sehingga kader-kader di masing-masing dusun harus bekerja ekstra untuk mencatat hal-hal penting terkait hak pilih masing-masing penduduk. Dengan demikian, diharapkan tidak ada warga masyarakat yang kehilangan hak pilihnya, serta menghindari adanya hak pilih ganda pada satu orang warga.

Demikian juga, diharapkan kerja sama dari masyarakat untuk membantu pencocokan dan penelitian (colit) serentak data pemilih ini dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. (lenekpesiraman/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.