MAJUKAN DESA DENGAN BERWIRAUSAHA : Tahun 2018 Pemerintah Desa Lenek Pesiraman Fokus pada Pemberdayaan Masyarakat

pertemuan pemerintah desa dengan kelompok-kelompok usaha

Lenek Pesiraman, – Selasa (09/1), Pemerintah Desa Lenek Pesiraman dalam upaya untuk mensejahterakan warga desa, pada Tahun 2018 ini akan berupaya berfokus pada pemberdayaan warga dengan memberikan suport kepada pelaku-pelaku usaha yang ada di wilayah Desa Lenek Pesiraman.

Kaitannya dengan hal tersebut Pemerintah Desa Lenek Pesiraman telah melakukan pertemuan langsung dengan pelaku-pelaku usaha yang ada di Desa Lenek Pesiraman, dan Tahun ini berfokus pada Kelompok-Kelompok usaha yang ada di Desa Lenek Pesiraman.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan pada hari selasa 09 Januari 2018 tersebut, Kepala Desa Lenek Pesiraman memberikan pengarahan kepada beberapa Kelompok Usaha yang telah terdaftar di Catatan Desa Lenek Pesiraman. Kepala Desa Lenek Pesiraman, M. SURYA JAYA BAITUL YADIN menekankan pada seluruh musyawirin yang hadir, bahwa bentuk bantuan yang akan diberikan dari Dana Desa adalah bantuan yang tidak perlu dikembalikan kembali ke Desa, tapi harus dikembangkan dan dapat memberikan manfaat yang luas kepada seluruh masyarakat.

Dana yang akan dikucurkan oleh Pemerintah Desa agar dipergunakan sebaik mungkin, tidak hanya meningkatkan taraf hidup dari Anggota Kelompok, tapi juga bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar.

Untuk sementara ini kelompok-kelompok usaha yang telah terdaftar di Catatan Desa Lenek Pesiraman adalah :

  1. Kelompok Usaha Pertukangan dari Dusun Gubuk Bagek Daya dan Karang Bila
  2. Kelompok Usaha Budidaya Ikan Lele dari Dusun Gubuk Bagek
  3. Kelompok Usaha Perbengkelan dari Gubuk Tengak
  4. Kelompok Usaha Pembudidayaan Jamur Tiram dari Karang Tojang dan Tojang Indah
  5. Kelompok Usaha Perempuan, Pembuatan Jajanan dari Dusun Karang Tojang dan Koloh Petung Baret
  6. Kelompok Usaha Perempuan, Keterampilan Menjahit dari Koloh Petung Timuk
  7. Kelompok Usaha Bengkel Las dari Dusun Dasan Tapen.

Kelompok-Kelompok Usaha tersebut telah masuk dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2018, dan jika kelompok tersebut memang layak, menimbang dari kekompakan anggota kelompok, keterampilan dari anggota kelompok dan kelayakan lokasi usaha, maka akan suport oleh desa.

Dengan program pemberdayaan ini, diharapkan bisa menyarap tenaga kerja khususnya di Wilayah Desa Lenek Pesiraman dan dapat mengurangi angka pengangguran di Desa.

Bentuk bantuan yang diterima berupa pelatihan-pelatihan dan penyediaan perlengkapan usaha. Pelatihan dimaksud agar kelompok-kelompok usaha tersebut bisa lebih kompeten lagi dalam usaha yang digeluti. (lenekpesiraman.com/**)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.