LENEK PESIRAMAN SUDAH MILIKI PAKAIAN ADAT SORONG SERAH

baju adat lenek pesiraman
baju adat lenek pesiraman

(Lenek Pesiraman) – Kantor Desa Lenek Pesiraman kini sudah miliki persediaan pakaian adat sorong serah aji krama, yaitu sebanyak dua pasang baju adat pembayun lengkap dengan dua pasang keris. Pakaian adat sorong serah ini biasa digunakan oleh para tokoh adat dan masyarakat dalam salah satu ritual adat pernikahan khas Lombok, yang disebut sorong serah aji krama.

baju adat lenek
Gambar: Pakaian adat Sorong Serah tampak belakang.

Bagi masyarakat suku sasak, istilah Sorong Serah Aji Krama ini sudah tidak asing lagi. Hampir tidak ada orang sasak yang tidak mengenal kegiatan adat pernikahan Lombok ini. Sorong Serah Aji Krama adalah ritual serah terima antara kedua belah pihak pengantin laki-laki dan pengantin perempuan dalam. Secara harfiah Sorong berarti “mendorong”, Serah berarti “menyerahkan”, Aji berarti “harga”, Krama adalah istilah atau sebuatan bagi tokoh-tokoh masyarakat, baik tokoh agama, adat, dan tokoh-tokoh lainnya. Sehingga istilah Sorong Serah Aji Krama dapat diartikan sebagai lambing serah terima antar pihak lelaki dan perempuan dengan harga yang telah ditetapkan oleh para tetua atau tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Dalam ritual ini, tokoh-tokoh masyarakat sasak biasanya menggunakan pakaian adat pembayun yang lengkap. Namun tidak semua orang di zaman ini memiliki pakaian adat Lombok lengkap dengan semua aksesorisnya. Untuk itulah, Pemerintah Desa Lenek Pesiraman berupaya menyediakan pakaian adat sorong serah bagi masyarakat setempat, di Kantor Desa Lenek Pesiraman. Dengan demikian, masyarakat yang akan melakukan adat pernikahan Sorong Serah Aji Krama dapat memanfaatkan ketersediaan pakaian adat tersebut. (lenekpesiraman/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.