PEMBERIAN BANTUAN JAMBAN KELUARGA SE-DESA LENEK PESIRAMAN

(Lenek Pesiraman) – Pemerintah Desa Lenek Pesiraman telah menurunkan bantuan sanitasi berupa bantuan pembangunan jamban keluarga sebanyak 72 unit, diperuntukkan bagi 72 kepala keluarga se-Desa Lenek Pesiraman. Bantuan yang diberikan berupa bahan-bahan pembangunan jamban, yaitu masing-masing kepala keluarga mendapatkan 1 unit kakus, 1 sak semen, 1 buah pipa 3″ ukuran 6 meter, dan 2 buah buis (deker) beserta tutupnya untuk pembuatan sepiteng.

Gambar: masing-masing keluarga mendapatkan bantuan berupa 1 unit kakus, 1 sag semen, 1 buah pipa 3 ” ukuran 6 m, dan 2 buah buis (deker) beserta tutupnya.

Bantuan pembangunan jamban keluarga ini diberikan merata ke masing-masing dusun. Setiap dusun mendapatkan bantuan sebanyak 8 unit bantuan jamban keluarga yang diperuntukkan bagi kepala keluarga yang belum memiliki jamban pribadi. Bantuan jamban keluarga ini ditujukan untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Selain itu juga bertujuan untuk mengurangi kebiasaan masyarakat yang terbiasa melakukan pembuangan limbah ke sungai, parit, atau selokan terdekat. Kebiasaan membuang limbah rumah tangga ke sungai, parit atau selokan yang berada dekat dengan pemukiman penduduk dapat mempengaruhi kualitas kesehatan masyarakat, akibat banyak penyakit yang bersarang di tempat pembuangan sampah.

Gambar: Proses penggalian sepiteng salah satu keluarga yang mendapatkan bantuan jamban.
Gambar: Galian spitank yang telah selesai dibangun.

Oleh sebab itulah, Pemerintah Desa Lenek Pesiraman mulai memperketat aturan larangan pembuangan sampah atau limbah ke sungai-sungai terdekat dengan mewajibkan tiap-tiap kepala keluarga membangun jamban pribadi lengkap dengan galian sepiteng yang tidak mengganggu sumber air bersih masyarakat. Dengan demikian, kebersihan dan sanitasi lingkungan dapat lebih terjamin. (lenekpesiraman/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.