SEJARAH TERBENTUKNYA DESA LENEK PESIRAMAN

Peta Desa Lenek Pesiraman (by: chafies)

Desa Lenek Pesiraman dibentuk pada tahun 2011, dan merupakan desa pemekaran yang mulanya tergabung dalam Desa Lenek Induk. Pada tahun 2011, Desa Lenek Induk dipecah menjadi dua desa, yaitu Desa Lenek dan Desa Lenek Pesiraman yang wilayahnya dibatasi oleh Jalan Koperasi.

Nama Desa Lenek Pesiraman diambil dari kata “Pesirman”. Pesirman atau Sirman adalah nama pemandian umum yang terletak di sebelah selatan wilayah Desa Lenek Pesiraman. Tempat pemandian umum ini cukup akrab bagi masyarakat Lenek. Konon, Pemandian Pesiman atau Sirman ini dulunya merupakan tempat pemandian para bangsawan dan Raja-raja dari Kerajaan Sukamulia di masa lampau. Hingga saat ini, Pemandian Umum Pesirman masih ramai dikunjungi masyarakat.

Untuk mempermudah pengucapan bagi lidah masyarakat Lenek, kata “Pesirman” lambat laun berubah menjadi “Pesiraman”, yang kemudian digunakan untuk penamaan desa pemekaran Lenek bagian selatan yaitu Desa Lenek Pesiraman, dan nama jalan yang menghubungkan Desa Lenek dengan Desa Suralaga, yaitu Jalan Pesiraman.

Kepala Desa Lenek Pesiraman yang pertama dijabat oleh H. Ahmad Jihadi, yang menjabat hingga tahun jabatan 2016. Periode tahun 2017-2023, Desa Lenek Pesiraman dipimpin oleh M. Surya Jaya Baitul Yadin, yang terpilih sebagai Kepala Desa Lenek Pesiraman melalui pemilihan umum. (lenekpesiraman/*)

 

*Baca asal-muasal Desa Lenek di sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.